Welcome To My Blog,please leave comment!!

Laman

Jumat, 12 Agustus 2011

Internet (TIK)

Internet sering sekali digunakan pada masa ini.. apalagi setiap hari. dan bikin blog pun kita menggunakan internet. dalam posting ini saya akan membicarakan tentang Internet.Internet ialah sebuah jaringan komputer dunia yang disambungkan dengan jaringan yang lebih kecil dan bergerak lebih perlahan. Ia mempunyai amat banyak informasi untuk dicapai oleh siapa saja, dan menyediakan penghantaran informasi ke seluruh dunia. Pada saat ini, internet boleh disambung melalui pelbagai cara menggunakan layanan komersil atau penyedia layanan internet (Internet Service Provider-ISP) yang semakin bertambah jumlahnya. Internet tidak lagi terbatas pada beberapa kalangan, siapa saja yang ada koneksi komputer boleh menggunakan internet.


A. Pengenalan internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Selain internet, dikenal pula intranet dan ekstranet. Internet secara sederhana adalah jaringan dari jaringan (network of networks).
Intranet adalah sebuah jaringan computer berbasis IP seperti internet. Hanya saja digunakan dalam internal perusahaan , kantor, bahkan warung internet (warnet). Intranet menggunakan semua protocol dan aplikasinya sehingga kita memiliki “private” internet. Jika sebuah badan usaha/bisnis/institusi mengekspos sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet.

B. Internet dan pemanfaatannya
Anda mengunjungi atau berhubungan melalui internet dengan server melalui komputer Anda. Biasanya serverdimiliki oleh perusahaan tertentu. Untuk dapat memiliki server, ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu dengan membeli atau memperolehnya secara bebas (free). Perbedaan keduanya menentukan fasilitas yang disediakannya. Situs web yang diperoleh dengan cara membeli, biasanya memiliki fasilitas dan keunggulan yang lebih banyak, sedangkan yang bebas fasilitasnya terbatas dan banyak kelemahan. Situs web yang tidak bebas, biasanya digunakan untuk keperluan-keperluan profesional, misalnya untuk membangun situs web perusahaan tertentu, dan sebagainya. Situs web yang free biasanya digunakan untuk kepentingan pribadi, misalnya untuk mempubli-kasikan data pribadi mereka di internet . Gengsi suatu perusahaan atau lembaga akan meningkat apabila mereka dapat memiliki situs web yang non free. Internet dapat bebas kita gunakan dan kita bebas mengisinya dengan apa saja. Anda dapat menemukan berbagai situs web dengan isi yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, di internet Anda dapat menjumpai situs web Gedung Putih, yang merupakan situs web resmi pemerintahan Amerika Serikat. Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet . Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.


C. Beberapa Aplikasi Internet
Sekarang, aplikasi internet bertambah banyak. Lalu berbagai aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai bidang , seperti bidang akademis, militer, medis, media masa, dan lain lain.Dari sekian aplikasi internet yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara lain: Word Wide Web (www)Electronik mailMailing List (milis)NewsgroupInternet Relay Chat (IRC)File Transfer Protocol (ftp)Telnet,Gopher, dan Ping. Fungsi masing-masing aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:
1. World Wide Web (WWW)
aplikasi internet WWW atau World Wide Web adalah aplikasi internet yang paling banyak dipakai setiap orang atau instansi atau juga organisasi kenapa karena di www ini terdapat dokumen penting yang disimpan di server-server di seluruh dunia yang bentuk dokumen dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan hypertext markup language (HTML) yang fungsinya untuk menghubungkan (link) antara dokumen-dokumen yang lain. disini dokumen yang dibuat dengan HTML bisa berisi berupa teks, gambar, animasi, audio bahkan vidiopun juga bisa. Aplikasi ini kadang disebut The Killer Application atau the world is at your fingertip karena Anda boleh mendapatkan informasi dengan mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar (images), maupun multimedia.
2. Electronic Mail (E-mail)
aplikasi internet yang satu ini mungkin tidak asing lagi kita dengar karena aplikasi ini fungsinya sebagai untuk sarana komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya yang berupa file dokumen atau surat, gambar atau foto yang langsung dikirim ke pemiliknya dengan biaya yang murah waktu yang singkat akan tetapi untuk menikmati fasilitas ini kita harus berkunjung ke situs penyedia E-mail tersebut contohnya fasilitas yahooo, dengan GMail dan masih banyak yang lainnya tergantung minat yang kita sukai. E-mail paling banyak digunakan karena e-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat.
3. Mailing List (Milis)
Mailing list atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiape-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirim ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis sebenarnya bentuk lain dari e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.
4. Newgroup
Yang dimaksud "newsgroup" adalah forum perbincangan, atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat di mana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik, dan tiap-tiap ruangan mempunyai topik perbincangan yang berbeda. Di setiap ruangan itu biasanya terdapat lebih dari satu orang yang saling bertukar pendapat atau pikiran. Newsgroup juga dianggap seperti "Bulletin Board" yang ada di sekolah atau kantor, di mana setiap orang boleh meletakkan artikel-artikel atau pendapat-pendapatnya dan boleh dilihat dan dibaca oleh semua orang.  Dengan aplikasi newsgroup artikel atau surat yang Anda kirim dapat dengan cepat terletak di grup yang Anda inginkan.

5. Internet Relay Chat
aplikasi internet yang satu ini dikenal dengan chatting, kita bisa bercakap-cakap atau chatting sesama teman yang dikirimkan berupa teks. akan tetapi kita juga bisa bercakap-cakap sambil melihat gambarnya dengan menggunakan fasilitas webcam.
6. File transfer Protocol (FTP)
aplikasi internet yang satu ini disingkat juga dengan FTP dimana aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil sebuah data atau file ke komputer yang lain dengan waktu yang relatif cepat. aplikasi ini juga sering digunakan untuk mencari serta mendownload file-file dokumen yang ada di server-server di seluruh dunia. File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh penguna internet yang membutuhkan. File ini dapat berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal dan lain-lain. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga dapat diakses oleh penguna dari pelosok dunia.
7. Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat Anda gunakan apabila Anda mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan diakses dan Anda juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password)
8. Gopher 

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, Anda harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet .

9. Ping

Ping singkatan dari paket internet gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang Anda gunakan mempunyai sambungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.


Melalui aplikasi yang ada di internet, keuntungan internet yang dapat Anda rasakan antara lain sebagai berikut.

  1. Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini diperoleh dengan menggunakan aplikasi. e-mailWWW, Newsgroup, FTP dan Gopher.
  2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya koran nasional dapat di cetak di daerah, koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya dapat di tampilkan lewat internet .
  3. Sebagai media promosi. Internet dimanfaatkan sebagai sarana untuk beriklan dan menyampaikan profil perusahaan dan produk-produknya.
  4. Sarana komunikasi interaktif. Komunikasi via internet dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas e-mail, WWW, Video Conferencing,Internet Relay Chat, dan Internet Phone.
  5. Sebagai alat Research and Development.
  6. Sarana untuk bertukar data

» Read More....

"&layout=standard&show_faces=false&width=100&action=like&font=arial&colorscheme=light"' frameborder='0' height='30' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; '/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar